24 Jun 2012

CHEATER (Chiter), System VK, Kelemahan dan Kelebihan POINT BLANK ONLINE

"..99999999999999999.."
"..VK TUH CHITER.."
"..CHITER 1 HIT TUH SI ***********.."


Sering kita membaca chat di permainan online bergenre FPS ini, namanya sudah tidak asing lagi. PB atau kependekan dari Point Blank yang sudah sangat tinggi pamornya di dunia game online Indonesia. Tetapi reputasinya benar-benar sangat buruk karena dalam sejarah dunia Online, Point Blank ini adalah game yang memiliki paling banyak CHEATER (Chiter) setelah pendahulunya, yaitu (Rising Force) RF Online saat masih berjaya. 
Nah, penulis mau memberikan hasil pemikiran, penelitian lebih tepatnya untuk TROOPERS yang membenci mereka "Si Banci Haus Pangkat".


Sebelumnya, penulis adalah mantan CHITER juga, waktu itu masih belum ada sistem Vote Kick (VK), namun menyadari kalau 'ngechit' itu bisa dibilang nikmat tapi kemampuan/SKILL jadi anjlok, benar-benar memperburuk performa jari-jemari untuk kelincahan CHAR. Kenikmatannya hanya bisa menambah Kill Death & Head Shot dalam pasifnya gerakan char (untuk chit Wall Shot), bisa menambah EXP untuk menaikkan pangkat (level) bila menggunakan cheat 1 HIT tapi KD/HS menurun drastis (memperburuk citra berpangkat tinggi).


Selanjutnya, mari kita simak cara gampang biar CHITER dan pembelanya ngga menang:


"KALO MERAH/FREEZE BIARIN AJA, JANGAN DITEMBAK, DIBOM, DIGOROK APALAGI DIBUNUH (nanti aktif lagi setelah Respawn). MASIH BANYAK OBJEK/MUSUH LAIN YG AKTIF BUAT JADI SASARAN KILL"


Contoh trik Auto Freeze, Chiter terlihat dengan tulisan berwarna merah di layar, itu didiamkan saja
triknya adalah, karena Freeze itu hanya berlaku sementara, setidaknya usahakan untuk menjaga chiter itu. Bila sudah unfreeze lebih baik langsung kill. Tetap sama hasilnya, kill-kill juga, tapi lebih baik karena chiter sudah kehilangan banyak EXP dan point serta waktu billing warnet untuk menaikan pangkat.


Salah satu (benernya banyak) faktor kenapa CHITER makin banyak adalah, VK samasekali ngga bisa menangkal dan banyak yg bela chiter supaya kemenangan semata, apalagi sistem VK jadi ngga objektif jadi ajang asal usir dan tuduh antar char Trooper karena ngga suka kebanyakan death drpd kill.


Kelemahan sistem VK lainnya, adalah pembela Chiter pasti menekan angka 0 supaya 'jagoannya' ngga didepak dari Map permainan. 
Hal itu yang membuat voting bisa berkali-kali terjadi dengan objek VK adalah char yang sama, dan Vote bisa berhasil jika:
Pro (pembela) dengan Kontra (penolak) yang mencapai selisih >5 angka.
Misal, pro voting 3 angka, kontra vote 5 angka, VK akan gagal/ditolak sistem. Bila pro vote 2 angka dan kontra vote mencapai 8 angka, VK akan berhasil dan tertuduh akan di Kick tidak bisa mengikuti permainan sampai Map itu hilang karena Room Master/penghuni yang haknya RM terakhir keluar tanpa ada char baru yang masuk Map. Pengecualian untuk VK ROOM MASTER a.k.a RM. RM akan Kick Voted bila jumlah pro dan kontra selisih minimal >8 angka. RM calon kuat disini untuk VK, dia terlalu kuat untuk diKICK. Yang pasti, untuk VK RM harus ada selisih angka yang lebih besar dari VK char biasa, seenggaknya pro vote 2 poin, kontra harus vote sampai 9 sampai 10 poin untuk angka minimal. Kontra akan gagal bila poin kurang dari angka 9, misal 7 atau 8 poin. Sistem VK ini hanya berlaku bila room penuh atau salah satu dari pihak berbeda jumlah pemain, misal kurang satu atau dua pemain.


Penelitian saya rangkum jadi hal-hal berikut.


1. PB kemungkinan memakai source code yang berstatus Open Source (database bebas beredar di kalangan programming) sehingga pembuat Cheat akan memperbarui produknya setelah maintenance berakhir. Source terbuka itu bisa diketahui dengan adanya file berekstensi ".i3i" yang saya tahu, itu sumber dari Linux GNU, unsur dari Ubuntu Operating System (maaf bila salah)
2. Pembuat Cheat akan mempelajari code game, apakah ada kelemahan yang bisa ditembus.
Ini juga pengalaman saat jadi Chiter, Bug Trap dinonaktifkan dan Hack Shield di downgrade jadi versi sebelum maintenance dilakukan. Sisanya menggunakan program injektor buatan Cheat Makers.
3. Usaha GM sebenarnya perlu dan patut diacungi jempol. Ini dimaksudkan untuk membersihkan game dari chiter. Saya tidak membela GM, tapi malah ingin GM memperkuat sistem Auto FREEZE dan Bug Trap via VK "menggunakan program ilegal" untuk chiter yang menggunakan program ilegal. 


Hal nomer 3 bisa berlangsung tidak cukup lama, karena tetap, sistem pembangun Point Blank adalah Open Source, yang sangat mudah dipelajari untuk dilumpuhkan.


Pengalaman saya soal sistem VK, baru saya membeli senjata dengan G-Cash, CheyTac Intervention M200, terlalu mudah untuk Kill. Saat itu nilai kill mencapai >20 point, tiba-tiba char saya jadi freeze merah, padahal tidak menggunakan chit sama sekali. Atau pengalaman lain, di VK karena dikira/dituduh chit karena menggunakan AWP CheyTac dengan poin yang sama, >20 kill.


Untuk Map atau sarang tempat paling banyak Chiter adalah di Map yang banyak menghasilkan bonus EXP yaitu Helispot, Black Panther, Breakdown. Dari situ, anti Chiter bisa memancing para chiter untuk masuk, ibaratnya menangkap tikus dengan umpan yang menggiurkan, anti chiter juga sebetulnya, bisa membantu GM via Map tersebut. 
Terlebih lagi, GM bisa lebih memperkuat sistem Auto Freeze dan pengusiran automatis khusus untuk map-map itu, tujuannya juga sangat jelas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar